Permendiknas no.22 tahun 2006
69. Mata
Pelajaran Sosiologi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Sosiologi ditinjau dari sifatnya digolongkan
sebagai ilmu pengetahuan murni (pure science) bukan ilmu pengetahuan terapan (applied science). Sosiologi dimaksudkan
untuk memberikan kompetensi kepada peserta didik dalam memahami konsep-konsep
sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktur sosial, lembaga
sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai pada terciptanya integrasi sosial.
Sosiologi mempunyai dua pengertian dasar
yaitu sebagai ilmu dan sebagai metode. Sebagai ilmu, sosiologi merupakan
kumpulan pengetahuan tentang masyarakat dan kebudayaan yang disusun secara
sistematis berdasarkan analisis berpikir logis. Sebagai metode, sosiologi adalah
cara berpikir untuk mengungkapkan realitas sosial yang ada dalam
masyarakat dengan prosedur dan teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara
ilmiah.
Dalam kedudukannya sebagai sebuah disiplin ilmu
sosial yang sudah relatif lama berkembang di lingkungan akademika, secara teoretis
sosiologi memiliki posisi strategis dalam membahas dan mempelajari
masalah-masalah sosial-politik dan budaya yang berkembang di masyarakat dan
selalu siap dengan pemikiran kritis dan alternatif menjawab tantangan yang ada.
Melihat masa depan masyarakat kita, sosiologi dituntut untuk tanggap terhadap
isu globalisasi yang di dalamnya mencakup demokratisasi, desentralisasi dan
otonomi, penegakan HAM, good governance
(tata kelola pemerintahan yang baik), emansipasi, kerukunan hidup bermasyarakat,
dan masyarakat yang demokratis.
Pembelajaran sosiologi dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman fenomena kehidupan sehari-hari. Materi pelajaran mencakup konsep-konsep
dasar, pendekatan, metode, dan teknik analisis dalam pengkajian berbagai
fenomena dan permasalahan yang ditemui dalam kehidupan nyata di
masyarakat. Mata pelajaran Sosiologi
diberikan pada tingkat pendidikan dasar sebagai bagian integral dari IPS,
sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberikan sebagai mata pelajaran
tersendiri.
B. Tujuan
Mata pelajaran sosiologi
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi,
kelompok sosial, struktur sosial, lembaga
sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai dengan terciptanya integrasi
sosial
2.
Memahami berbagai peran sosial dalam kehidupan
bermasyarakat
3.
Menumbuhkan sikap, kesadaran dan kepedulian sosial
dalam kehidupan bermasyarakat.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Sosiologi meliputi aspek-aspek sebagai
berikut.
1.
Struktur sosial
2.
Proses sosial
3.
Perubahan
sosial
4.
Tipe-tipe
lembaga sosial.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Kelas
X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang
berlaku dalam masyarakat
|
1.1
Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai
ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
1.2
Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku
dalam masyarakat
1.3
Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola
keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
|
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
|
2.1 Menjelaskan sosialisasi sebagai proses
dalam pembentukan kepribadian
2.2 Mendeskripsikan terjadinya
perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial
2.3 Menerapkan pengetahuan sosiologi dalam
kehidupan bermasyarakat
|
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami struktur sosial serta berbagai
faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
|
1.1
Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.2
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
1.3
Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial
|
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Menganalisis kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural
|
2.1
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.2
Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.3
Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami dampak perubahan sosial
|
1.1
Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat
1.2
Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat
|
2.
Memahami lembaga sosial
|
2.1
Menjelaskan hakikat lembaga sosial
2.2
Mengklasifikasikan
tipe-tipe lembaga sosial
2.3 Mendeskripsikan
peran dan fungsi lembaga sosial
|
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3.
Mempraktikkan metode penelitian sosial
|
3.1
Merancang metode penelitian sosial secara
sederhana
3.2
Melakukan penelitian sosial secara sederhana
3.3 Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara
sederhana
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan
untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran
dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
0 komentar:
Posting Komentar