Permendiknas no.22 tahun 2006
67. Mata Pelajaran Geografi untuk Sekolah Menengah
Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)
Latar Belakang
Geografi merupakan ilmu untuk
menunjang kehidupan sepanjang hayat dan mendorong peningkatan kehidupan. Lingkup bidang
kajiannya memungkinkan manusia memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia
sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi
manusia. Bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang
membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta
interaksi manusia dengan tempat. Sebagai suatu disiplin integratif, geografi
memadukan dimensi alam fisik dengan dimensi manusia dalam menelaah keberadaan
dan kehidupan manusia di tempat dan lingkungannya.
Mata pelajaran Geografi membangun
dan mengembangkan pemahaman peserta didik tentang variasi dan organisasi
spasial masyarakat, tempat dan lingkungan pada muka bumi. Peserta didik
didorong untuk memahami aspek dan proses fisik yang membentuk pola muka bumi,
karakteristik dan persebaran spasial ekologis di permukaan bumi. Selain itu
peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk menelaah bahwa
kebudayaan dan pengalaman mempengaruhi
persepsi manusia tentang tempat dan
wilayah.
Pengetahuan, keterampilan, dan
nilai-nilai yang diperoleh dalam mata pelajaran Geografi diharapkan dapat
membangun kemampuan peserta didik untuk bersikap, bertindak cerdas, arif, dan
bertanggungjawab dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi, dan ekologis. Pada
tingkat pendidikan dasar mata pelajaran Geografi diberikan sebagai bagian
integral dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sedangkan pada tingkat pendidikan
menengah diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri.
Tujuan
Mata pelajaran Geografi bertujuan agar peserta didik
memiliki kemampuan sebagai berikut.
- Memahami pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan
- Menguasai keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan geografi
- Menampilkan perilaku peduli terhadap lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya alam secara arif serta memiliki toleransi terhadap keragaman budaya masyarakat.
Ruang Lingkup
Ruang
lingkup mata pelajaran Geografi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
Konsep dasar, pendekatan,
dan prinsip dasar Geografi
Konsep dan karakteristik
dasar serta dinamika unsur-unsur geosfer mencakup litosfer, pedosfer, atmosfer,
hidrosfer, biosfer dan antroposfer serta pola persebaran spasialnya
Jenis, karakteristik,
potensi, persebaran spasial Sumber Daya Alam (SDA) dan pemanfaatannya
Karakteristik,
unsur-unsur, kondisi (kualitas) dan variasi spasial lingkungan hidup,
pemanfaatan dan pelestariannya
Kajian wilayah negara-negara maju dan sedang berkembang
Konsep wilayah dan
pewilayahan, kriteria dan pemetaannya serta fungsi dan manfaatnya dalam
analisis geografi
Pengetahuan dan
keterampilan dasar tentang seluk beluk dan pemanfaatan peta, Sistem Informasi
Geografis (SIG) dan citra penginderaan jauh.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X,
Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
|
1.1 Menjelaskan konsep
geografi
1.2 Menjelaskan pendekatan
geografi
1.3 Menjelaskan prinsip
geografi
1.4 Mendeskripsikan aspek
geografi
|
2. Memahami sejarah pembentukan
bumi
|
2.1
Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
2.2
Mendeskripsikan tata surya dan jagad raya
|
Kelas X,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Menganalisis unsur-unsur
geosfer
|
3.1
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta
dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
3.2
Menganalisis atmosfer dan dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi
3.3
Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
|
Program Ilmu Sosial
Kelas XI,
Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
|
1.1 Menjelaskan pengertian
fenomena biosfer
1.2 Menganalisis sebaran hewan
dan tumbuhan
1.3 Menjelaskan
pengertian fenomena antroposfer
1.4 Menganalisis aspek
kependudukan
|
2. Memahami Sumber Daya Alam
|
2.1 Menjelaskan pengertian Sumber
Daya Alam
2.2 Mengidentifikasi
jenis-jenis Sumber Daya Alam
2.3 Menjelaskan pemanfaatan
Sumber Daya Alam secara arif
|
Kelas XI,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Menganalisis
pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
|
3.1 Mendeskripsikan
pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan
berkelanjutan
3.2 Menganalisis pelestarian
lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
|
Program Ilmu
Sosial
Kelas XII,
Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
keterampilan dasar peta dan pemetaan
|
1.1 Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta
dan pemetaan
1.2 Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan
pemetaan
1.3 Menganalisis lokasi industri dan pertanian
dengan memanfaatan peta
|
2. Memahami pemanfaatan
citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) *)
|
2.1 Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan
jauh
2.2 Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi
Geografis (SIG)
|
*)
dilaksanakan sesuai dengan kondisi sekolah
Kelas XII, Semester
2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Menganalisis wilayah dan pewilayahan
|
3.1 Menganalisis pola persebaran, spasial, hubungan, serta
interaksi spasial antara desa dan kota
3.2 Menganalisis kaitan antara
konsep wilayah dan pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah
3.3 Menganalisis wilayah dan
pewilayahan negara maju dan berkembang
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar
menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
0 komentar:
Posting Komentar