Permendiknas no.22 tahun 2006
66. Mata
Pelajaran Sejarah untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Sejarah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang
menelaah tentang asal-usul dan perkembangan serta peranan masyarakat
di masa lampau berdasarkan metode dan metodologi tertentu. Terkait
dengan pendidikan di sekolah dasar hingga sekolah menengah, pengetahuan masa
lampau tersebut mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk
melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak
dan kepribadian peserta didik.
Mata pelajaran Sejarah telah diberikan pada
tingkat pendidikan dasar sebagai bagian integral dari mata pelajaran IPS,
sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberikan sebagai mata pelajaran
tersendiri. Mata pelajaran Sejarah memiliki arti strategis dalam pembentukan
watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta dalam pembentukan manusia
Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Materi sejarah:
- mengandung nilai-nilai kepahlawanan, keteladanan, kepeloporan, patriotisme, nasionalisme, dan semangat pantang menyerah yang mendasari proses pembentukan watak dan kepribadian peserta didik;
- memuat khasanah mengenai peradaban bangsa-bangsa, termasuk peradaban bangsa Indonesia. Materi tersebut merupakan bahan pendidikan yang mendasar bagi proses pembentukan dan penciptaan peradaban bangsa Indonesia di masa depan;
- menanamkan kesadaran persatuan dan persaudaraan serta solidaritas untuk menjadi perekat bangsa dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa;
- sarat dengan ajaran moral dan kearifan yang berguna dalam mengatasi krisis multidimensi yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari;
- berguna untuk menanamkan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab dalam memelihara keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup.
B. Tujuan
Mata pelajaran Sejarah bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Membangun kesadaran peserta
didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini,
dan masa depan
2. Melatih daya kritis
peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada
pendekatan ilmiah dan metodologi
keilmuan
3. Menumbuhkan apresiasi
dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti
peradaban bangsa Indonesia di masa lampau
4. Menumbuhkan pemahaman peserta
didik terhadap proses terbentuknya bangsa Indonesia melalui sejarah yang
panjang dan masih berproses hingga masa kini dan masa yang akan datang
5. Menumbuhkan kesadaran
dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki
rasa bangga dan cinta tanah air yang dapat diimplementasikan dalam berbagai
bidang kehidupan baik nasional maupun internasional.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Sejarah untuk Sekolah Menengah Atas
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Prinsip dasar ilmu sejarah
- Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
- Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
- Indonesia pada masa penjajahan
- Pergerakan kebangsaan
- Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Kelas X , Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
|
1.1 Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup
ilmu sejarah
1.2 Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia
masa pra-aksara
dan masa aksara
1.3
Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
|
Kelas X , Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Menganalisis peradaban
Indonesia dan dunia
|
2.1
Menganalisis kehidupan awal masyarakat
Indonesia
2.2
Mengidentifikasi peradaban awal
masyarakat di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia
2.3 Menganalisis asal-usul dan
persebaran manusia di kepulauan Indonesia
|
Program Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara-negara tradisional
|
1.1
Menganalisis
pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di
berbagai daerah di Indonesia
1.2
Menganalisis perkembangan kehidupan
negara-negara kerajaan Hindu-Buddha di
Indonesia
1.3
Menganalisis
pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Islam terhadap masyarakat di
berbagai daerah di Indonesia
1.4
Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara,
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
1.5
Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal,
Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia
|
Program Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas XI , Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia
sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang
|
2.1 Menganalisis perkembangan pengaruh Barat dan
perubahan ekonomi, demografi, dan kehidupan sosial budaya masyarakat di
Indonesia pada masa kolonial
2.2 Menganalisis hubungan antara perkembangan paham-paham baru dan
transformasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
2.3 Menganalisis proses interaksi Indonesia-Jepang dan
dampak pdndudukan militer Jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia
|
3. Menganalisis sejarah
dunia yang mempengaruhi sejarah Bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan
abad ke-20
|
3.1 Membedakan pengaruh
Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan
pergerakan nasional Indonesia
3.2
Menganalisis pengaruh revolusi industri di Eropa terhadap perubahan sosial,
ekonomi, dan politik di Indonesia
|
Program Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas XII , Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga
lahirnya Orde Baru
|
1.1 Menganalisis
peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan pembentukan pemerintahan
Indonesia
1.2 Menganalisis
perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai
tahun 1950
1.3 Menganalisis
perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman
disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan
(antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta,
G-30-S/PKI)
1.4 Menganalisis perkembangan
politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya
mengisi kemerdekaan
|
2. Menganalisis perjuangan
sejak Orde Baru sampai dengan masa reformasi
|
2.1 Menganalisis perkembangan pemerintahan Orde Baru
2.2 Menganalisis proses berakhirnya pemerintah
Orde Baru dan terjadinya reformasi
2.3 Menganalisis perkembangan politik dan
ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia pada masa reformasi
|
Kelas XII , Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Menganalisis perkembangan
sejarah dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan perkembangan mutakhir
|
3.1 Menganalisis perkembangan
sejarah dunia dan posisi Indonesia di tengah perubahan politik dan ekonomi
internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya Perang Dingin
3.2 Menganalisis perkembangan mutakhir
sejarah dunia
|
Program Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
XI, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menganalisis perjalanan bangsa
Indonesia dari negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga
terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
|
1.1 Menganalisis
perkembangan negara tradisional (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia
1.2 Membandingkan
perkembangan masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC,
Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang
1.3 Menganalisis
proses kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia
1.4 Menganalisis
terbentuknya negara Kebangsaan Indonesia
|
Kelas XI ,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Merekonstruksi perjuangan
bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi
hingga lahirnya Orde Baru
|
2.1
Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga
Demokrasi Terpimpin
2.2
Menganalisis pergantian pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai
lahirnya Orde Baru
|
Program Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas XII ,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi sampai
masa Reformasi
|
1. 1 Merekonstruksi perkembangan masyarakat
Indonesia pada masa Orde Baru
1.2 Merekonstruksi
perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Reformasi
|
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Menganalisis perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi pada abad ke-20
|
2.1 Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi dan hubungannya dengan Perang Dunia II dan Perang Dingin
2.2 Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi di Indonesia
|
Program Bahasa
Kelas
XI , Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menganalisis perjalanan bangsa
Indonesia pada masa negara-negara
tradisional
|
Menganalisis perkembangan kehidupan
negara-negara kerajaan (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia
1.2 Menganalisis perkembangan kebudayaan
Hindu-Buddha dan Islam di Nusantara
terutama dalam bidang bahasa dan karya sastra
|
Kelas
XI , Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Menganalisis perjalanan bangsa
Indonesia pada masa kolonial dan tumbuhnya pergerakan kebangsaan Indonesia
|
2.1 Menganalisis perkembangan masyarakat
Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda,
Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang
2.2 Menganalisis perkembangan kebudayaan masyarakat Nusantara di bawah penjajahan asing terutama dalam bidang bahasa dan karya
sastra
2.3 Menganalisis proses kelahiran dan
perkembangan nasionalisme Indonesia
|
Program Bahasa
Kelas XII , Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi
hingga lahirnya Orde Baru
|
1.1 Merekonstruksi perkembangan masyarakat
Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin
1.2 Menganalisis
pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru
1.3
Menganalisis perkembangan kebudayaan
masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin
terutama dalam bidang bahasa dan karya sastra
|
Kelas XII , Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Merekonstruksi perjuangan
bangsa sejak Orde Baru sampai dengan
masa Reformasi
|
2.1 Merekonstruksi
perkembangan masyarakat Indonesia sejak pemerintahan Orde Baru sampai dengan
masa Reformasi
2.2 Menganalisis perkembangan kebudayaan masyarakat Indonesia sejak Orde Baru sampai
dengan masa Reformasi terutama dalam bidang bahasa dan karya sastra
|
E.
Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan
untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran
dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
0 komentar:
Posting Komentar