Permendiknas No.22 Tahun 2006
70. Mata
Pelajaran Antropologi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dengan
segala aktivitasnya. Di satu pihak, manusia adalah pencipta kebudayaan, di
pihak lain kebudayaan yang membentuk perilaku manusia sesuai dengan
lingkungannya. Dengan demikian, terjalin hubungan timbal balik yang sangat erat
antara manusia dan kebudayaan. Antropologi memiliki sub disiplin, seperti:
antropologi biologi, etnolinguistik, arkeologi, prasejarah, dan etnologi. Agar
memperoleh wawasan yang lebih luas mengenai kedudukan, fungsi dan peran bahasa
dalam kebudayaan, pengenalan dan pemahaman mengenai antropologi dengan
sendirinya merupakan sesuatu yang mutlak diketahui peserta didik melalui suatu
pelajaran yang mandiri. Dengan mempelajari antropologi diharapkan peserta didik
mampu menyerap antropologi sebagai pengetahuan dan menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari, terutama dalam menyikapi perbedaan latar budaya,
masyarakat, bahasa dan kepercayaan di masyarakat.
B. Tujuan
Mata pelajaran antropologi
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami dasar-dasar antropologi
2. Memahami,
memecahkan dan menelaah secara kritis dan rasional tentang berbagai fenomena sosial budaya.
C. Ruang Lingkup
Ruang
lingkup mata pelajaran Antropologi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Keragaman Budaya
2.
Bahasa
3.
Kesenian
4.
Religi
5.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Kelas XI, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menganalisis kesamaan
dan keberagaman budaya
|
1.1 Mengidentifikasi berbagai budaya
lokal, pengaruh budaya asing,
dan hubungan antar budaya
1.2 Melakukan pengamatan tentang potensi keberagaman budaya yang ada di
masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
1.3 Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat
adanya keberagaman budaya
1.4 Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman
budaya
|
2. Menganalisis unsur-unsur proses
dinamika dan
pewarisan budaya
dalam rangka integrasi nasional
|
2.1
Mendeskripsikan
unsur-unsur budaya
2.2
Mendeskripsikan
hubungan dan fungsi bahasa, seni dan agama/religi/kepercayaan
2.3 Mengidentifikasi karakteristik dinamika budaya melalui contoh yang
terdapat di masyarakat setempat
dan berbagai faktor yang mendorong
terjadinya dinamika budaya
2.4 Mengidentifikasi faktor-faktor
yang mendorong dan menghambat integrasi nasional
2.5 Membandingkan proses pewarisan budaya pada
masyarakat tradisional dan modern
|
Kelas XI, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3.
Memahami kesamaan dan keberagaman
bahasa dan dialek
|
3.1 Mengamati bahasa dan dialek
yang digunakan oleh masyarakat
3.2
Menjelaskan
keterkaitan antara bahasa dan dialek
3.3
Menjelaskan keberadaan dan perkembangan
tradisi lisan dalam masyarakat setempat
3.4
Mengidentifikasi bahasa-bahasa yang
terdapat di Indonesia serta menunjukkan karakteristik dan wilayahnya (Austronesia
dan Papua)
3.5
Mengembangkan sikap kepedulian terhadap
bahasa, dialek dan tradisi lisan
|
Kelas XII Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami kesamaan dan keberagaman seni
|
1.1
Mengidentifikasi
keberagaman bentuk dan perkembangan seni di Indonesia (Seni Rupa,
Sastra dan Pertunjukan)
1.2
Menjelaskan
hubungan antara karya seni, pelaku
seni, dan masyarakat
1.3
Menentukan
sikap terhadap dampak dari potensi seni
|
2. Memahami kesamaan dan keberagaman agama/religi
dan kepercayaan
|
Membedakan
konsep agama bumi/alam dengan agama
wahyu
Mendeskripsikan
agama/religi dan kepercayaan yang berkembang di Indonesia
Menunjukkan
perilaku keagamaan yang berdampak dalam kehidupan bermasyarakat
Menjelaskan
fungsi agama/religi dan kepercayaan
|
Kelas
XII Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Menganalisis pengaruh IPTEK terhadap penyebaran bahasa lokal
|
3.1
Menganalisis pengaruh IPTEK
terhadap masyarakat dan perkembangan budaya
3.2
Mendeskripsikan proses
pewarisan IPTEK dan kendalanya di lingkungan masyarakat
3.3
Menghargai hasil karya IPTEK
3.4
Melakukan studi etnografi dan pemetaan penyebaran
bahasa lokal
3.5
Mengkomunikasikan hasil studi
dalam bentuk artikel, makalah, atau karya foto
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi
arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
0 komentar:
Posting Komentar