kegiatan

ANTROPOLOGI SMA/MA KTSP


Permendiknas No.22 Tahun 2006
70. Mata Pelajaran Antropologi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)

A.  Latar Belakang

Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dengan segala aktivitasnya. Di satu pihak, manusia adalah pencipta kebudayaan, di pihak lain kebudayaan yang membentuk perilaku manusia sesuai dengan lingkungannya. Dengan demikian, terjalin hubungan timbal balik yang sangat erat antara manusia dan kebudayaan. Antropologi memiliki sub disiplin, seperti: antropologi biologi, etnolinguistik, arkeologi, prasejarah, dan etnologi. Agar memperoleh wawasan yang lebih luas mengenai kedudukan, fungsi dan peran bahasa dalam kebudayaan, pengenalan dan pemahaman mengenai antropologi dengan sendirinya merupakan sesuatu yang mutlak diketahui peserta didik melalui suatu pelajaran yang mandiri. Dengan mempelajari antropologi diharapkan peserta didik mampu menyerap antropologi sebagai pengetahuan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menyikapi perbedaan latar budaya, masyarakat, bahasa dan kepercayaan di masyarakat.

B.  Tujuan

Mata pelajaran antropologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.  Memahami dasar-dasar antropologi
2.  Memahami, memecahkan dan menelaah secara kritis dan rasional   tentang berbagai fenomena sosial budaya.  

 

C.  Ruang Lingkup

      Ruang lingkup mata pelajaran Antropologi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Keragaman Budaya
2.      Bahasa
3.      Kesenian
4.      Religi
5.      Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.









D.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas   XI, Semester 1

Standar Kompetensi         
Kompetensi Dasar
 1. Menganalisis kesamaan dan keberagaman budaya









1.1 Mengidentifikasi berbagai budaya  lokal,  pengaruh budaya asing, dan  hubungan antar budaya
1.2 Melakukan pengamatan tentang potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
1.3 Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya
1.4 Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya
2. Menganalisis unsur-unsur  proses 
    dinamika   dan   pewarisan  budaya
    dalam rangka integrasi nasional
2.1   Mendeskripsikan unsur-unsur budaya
2.2   Mendeskripsikan hubungan dan fungsi bahasa, seni dan agama/religi/kepercayaan     
2.3 Mengidentifikasi karakteristik dinamika budaya melalui contoh yang terdapat di masyarakat setempat  dan  berbagai faktor yang mendorong terjadinya dinamika budaya
2.4  Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong dan menghambat integrasi nasional
2.5 Membandingkan proses pewarisan budaya pada masyarakat tradisional dan modern





Kelas XI,  Semester 2  

Standar Kompetensi         
Kompetensi Dasar
3.  Memahami kesamaan dan keberagaman  bahasa dan dialek











 
3.1  Mengamati bahasa dan dialek yang digunakan oleh  masyarakat
3.2     Menjelaskan keterkaitan antara bahasa dan dialek
3.3   Menjelaskan keberadaan dan perkembangan tradisi lisan dalam masyarakat setempat
3.4   Mengidentifikasi bahasa-bahasa yang terdapat di Indonesia serta menunjukkan karakteristik dan wilayahnya (Austronesia dan Papua)
3.5   Mengembangkan sikap kepedulian terhadap bahasa, dialek dan tradisi lisan



Kelas   XII  Semester 1                    

Standar Kompetensi         
Kompetensi Dasar
1.      Memahami kesamaan dan keberagaman seni






1.1  Mengidentifikasi keberagaman bentuk  dan  perkembangan seni di Indonesia (Seni Rupa, Sastra dan Pertunjukan)
1.2  Menjelaskan hubungan antara karya seni,  pelaku seni, dan masyarakat 
1.3  Menentukan sikap terhadap dampak dari potensi seni
2.      Memahami kesamaan dan keberagaman agama/religi dan kepercayaan

         Membedakan konsep agama bumi/alam  dengan agama wahyu
         Mendeskripsikan agama/religi dan kepercayaan yang berkembang di Indonesia
         Menunjukkan perilaku keagamaan yang berdampak dalam kehidupan bermasyarakat
         Menjelaskan fungsi  agama/religi dan kepercayaan


Kelas   XII  Semester 2                    

Standar Kompetensi         
Kompetensi Dasar
3. Menganalisis pengaruh IPTEK terhadap penyebaran bahasa lokal

3.1     Menganalisis pengaruh IPTEK terhadap masyarakat dan perkembangan budaya
3.2     Mendeskripsikan proses pewarisan IPTEK dan kendalanya di lingkungan masyarakat
3.3     Menghargai hasil karya IPTEK
3.4     Melakukan  studi etnografi dan pemetaan penyebaran bahasa lokal
3.5     Mengkomunikasikan hasil studi dalam bentuk artikel, makalah, atau karya foto



E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar