PERMENDIKNAS NO.22 TAHUN 2006
68. Mata
Pelajaran Ekonomi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu sesuai dengan
tuntutan masyarakat di era global serta perkembangan IPTEK yang telah membawa
perubahan pada aspek kehidupan manusia termasuk aspek ekonomi, maka diperlukan
sumber daya manusia yang berkualitas dalam arti sebagai insan berilmu
pengetahuan, berketerampilan, berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia,
bertanggungjawab dan berupaya mencapai kesejahteraan diri serta memberikan
sumbangan terhadap keharmonisan dan kemakmuran keluarga, masyarakat, dan
negara.
Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya
yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan/atau distribusi. Luasnya ilmu ekonomi dan terbatasnya waktu
yang tersedia membuat standar kompetensi dan kompetensi dasar ini dibatasi dan
difokuskan kepada fenomena empirik ekonomi yang ada disekitar peserta didik,
sehingga peserta didik dapat merekam peristiwa ekonomi yang terjadi disekitar
lingkungannya dan mengambil manfaat untuk kehidupannya yang lebih baik.
Pembahasan manajemen difokuskan pada fungsi
manajemen badan usaha dalam kaitannya dengan perekonomian nasional. Pembahasan
fungsi manajemen juga mencakup pengembangan badan usaha termasuk koperasi.
Akuntansi difokuskan pada perilaku akuntansi jasa dan dagang.
Peserta didik dituntut memahami transaksi keuangan perusahaan jasa dan dagang serta
mencatatnya dalam suatu sistem akuntansi untuk disusun dalam laporan keuangan.
Pemahaman pencatatan ini berguna untuk memahami manajemen keuangan perusahaan
jasa dan dagang.
Mata pelajaran Ekonomi diberikan pada tingkat
pendidikan dasar sebagai bagian integral dari IPS. Pada tingkat pendidikan
menengah, ekonomi diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri.
B. Tujuan
Mata
pelajaran Ekonomi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut.
1.
Memahami sejumlah konsep
ekonomi untuk mengkaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan
sehari-hari, terutama yang terjadi dilingkungan individu, rumah tangga,
masyarakat, dan negara
2.
Menampilkan sikap ingin tahu
terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi
3.
Membentuk sikap bijak, rasional
dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan ilmu ekonomi,
manajemen, dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri sendiri, rumah tangga,
masyarakat, dan negara
4.
Membuat keputusan yang
bertanggungjawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang
majemuk, baik dalam skala nasional maupun internasional
C. Ruang lingkup
Mata
pelajaran Ekonomi mencakup perilaku ekonomi dan kesejahteraan yang berkaitan
dengan masalah ekonomi yang terjadi di lingkungan kehidupan terdekat hingga
lingkungan terjauh, meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Perekonomian
2.
Ketergantungan
3.
Spesialisasi dan pembagian
kerja
4.
Perkoperasian
5.
Kewirausahaan
6.
Akuntansi dan manajemen.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
|
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1.2 Mendeskripsikan
berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi,
yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk
siapa barang diproduksi
1.4
Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan
produksi di bidang lain
1.5
Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi
|
2.
Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen
dan produsen
|
2.1
Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan
ekonomi
2.2 Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram
2.3 Mendeskripsikan peran
konsumen dan produsen
|
3
Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga
keseimbangan, dan pasar
|
3.1
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
3.2
Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang
mendasarinya
3.3
Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan
3.4
Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang
3.5
Mendeskripsikan pasar input
|
Kelas X , Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang
ekonomi
|
4.1 Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi
mikro dan ekonomi makro
4.2 Mendeskripsikan masalah-masalah yang
dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
|
5.
Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto
(PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)
|
5.1
Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN
5.2
Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional
5.3
Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain
5.4
Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi
|
6.
Memahami konsumsi dan investasi
|
6.1 Mendeskripsikan fungsi konsumsi
dan fungsi tabungan
6.2 Mendeskripsikan kurva
permintaan investasi
|
7
Memahami uang dan perbankan
|
7.1 Menjelaskan konsep
permintaan dan penawaran uang
7.2 Membedakan peran bank umum
dan bank sentral
7.3 Mendeskripsikan kebijakan
pemerintah di bidang moneter
|
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan
dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
|
1.1 Mengklasifikasi ketenagakerjaan
1.2 Mendeskripsikan
tujuan pembangunan
1.3 Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi
1.4 Mendeskripsikan pengangguran beserta
dampaknya terhadap pembangunan nasional
|
2. Memahami APBN dan APBD
|
2.1 Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN
dan APBD
2.2 Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan
pemerintah pusat dan pemerintah daerah
2.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di
bidang fiskal
2.4 Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran
pemerintah pusat dan pemerintah daerah
|
3. Mengenal
Pasar modal
|
3.1 Mengenal jenis produk dalam bursa efek
3.2
Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek
|
4. Memahami perekonomian
terbuka
|
4.1 Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan
faktor-faktor pendorong perdagangan internasional
4.2 Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing,
dan neraca pembayaran
4.3 Menjelaskan
konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi,
diskriminasi harga dan dumping
4.4 Menjelaskan
pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya
|
KELAS XI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan
jasa
|
5.1 Mendeskripsikan akuntansi sebagai
sistem informasi
5.2 Menafsirkan persamaan akuntansi
5.3 Mencatat transaksi berdasarkan
mekanisme debit dan kredit
5.4 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum
5.5 Melakukan posting dari
jurnal ke buku besar
5.6 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa
5.7 Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa
|
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
|
1.1 Mencatat
transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
1.2 Melakukan
posting dari jurnal khusus ke buku
besar
1.3 Menghitung
harga pokok penjualan
1.4 Membuat
ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang
1.5 Menyusun
laporan keuangan perusahaan dagang
|
2. Mamahami
penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang
|
2.1 Membuat jurnal penutupan
2.2 Melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar
2.3 Membuat neraca saldo setelah
penutupan buku
|
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Memahami manajemen badan usaha dalam
perekonomian nasional
|
3.1 Menjelaskan unsur-unsur manajemen
3.2 Menjelaskan fungsi manajemen dalam
pengelolaan badan usaha
3.3 Mendeskripsikan peran badan usaha dalam
perekonomian Indonesia
|
4. Memahami pengelolaan koperasi dan
kewirausahaan
|
4.1 Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan koperasi sekolah
4.2 Menghitung pembagian sisa hasil usaha
4.3 Mendeskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan
|
E.
Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan
untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan
Standar Proses dan Standar Penilaian.
0 komentar:
Posting Komentar